Cyber Sate

He”.. He”.. 😀 Sate-sate .. Ada Sate Kambing, Sate Ayam, Ada juga Cyber Sate .. !!

Setiap kali melewati Jalan Raya Taman Siswa Gunungpati, Semarang, baik dari arah utara maupun selatan, pengendara motor maupun pejalan kaki pasti melihat kepulan asap beraroma sate di deretan warung gang manggis, Jalan Taman Siswa Kelurahan Sekaran, Gunungpati. Usut punya usut, ternyata kepulan asap itu berasal dari Warung Sate Solo Pak Yanto.

Cyber Sate” demikian para pelanggan Sate Solo Pak Yanto menyebut dan mengenalnya. Sebutan itu muncul karena warung sate ini terletak di sebelah selatan Warung Internet (warnet) Purple Yellow, depan Asrama Putri Mahardika. Seperti layaknya warung sate pada umumnya, Warung Sate Solo Pak Yanto menawarkan sate baik sate kambing maupun sate ayam, gulai, dan tongseng. Selain itu, menu ini pengunjung bisa juga memesan nasi goreng telur, nasi goreng ayam dan nasi goreng kambing.

Sate yang disajikan berjumlah sepuluh tusuk. Masing-masing tusuk terdiri dari empat irisan daging. Sate ini disajikan dengan kecap dan lada, ditambah dengan racikan kol, selada, tomat, cabai rawit, dan bawang merah. Rasanya empuk dan gurih perpaduan manis kecap dan pedas lada.

Gulai yang disajikan pun tak kalah enaknya. Kuahnya kental. Bumbunya meresap dalam irisan-irisan jeroan. Citarasanya pun berbeda dengan gulai-gulai yang dimasak di panci karena gulai Pak Min dimasak dalam kuali gerabah berdiameter sekitar 40 sentimeter. Menurut Yanto (30), pemilik warung, gerabah itu sengaja didatangkan dari Bayat, Klaten.

Untuk menyantap sate, gulai, tongseng, dan nasi goreng kambing, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. “Harga satenya murah meriah, di sini harga Mahasiswa, karena memang kebanyakan pengunjung adalah mahasiswa dan di sini juga kan kawasan Kampus Unnes”, Ungkap Pak Yanto.

Meskipun baru dua tahun berjalan, Warung Sate Solo Pak Yanto sudah banyak dikunjungi orang dan banyak pelanggan. Baik dari Kalangan masyarakat, mahasiswa, maupun para Dosen yang sering memesan untuk acara resmi. Banyak juga pengunjung Purple Yellow Net yang sambil main Internet memesan dan makan sate. Mungkin karena hal itubanyak yang menyebut Cyber Sate.

Add Comment