about-jayanto

Jayanto. Lahir di Brebes, kota di Jawa Tengah yang terkenal akan telur asin dan bawang merahnya.

Staf pengajar Fisika dan Teknik Komputer & Jaringan di SMKN 1 Gebang Cirebon. Sempat mengajar Prodi Teknik Informatika di Universitas Muhadi Setiabudi Brebes, SMA Negeri 4 Semarang, dan di beberapa Bimbingan Belajar, baik privat maupun klasikal.

Menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri 1 Banjaratma dan SMP Negeri 1 Bulakamba. Menamatkan SMA di SMA Negeri 1 Larangan pada tahun 2004. Pada tahun 2009, menyelesaikan S1 pada program studi Pendidikan Fisika di Universitas Negeri Semarang. Mantan aktifis di beberapa Lembaga Kemahasiswaan Unnes, Ketua DPM FMIPA Unnes (Dewan Perwakilan Mahasiswa) tahun 2007, Wakil Ketua BEM FMIPA Unnes (Badan Eksekutif Mahasiswa) tahun 2006.

Sempat menulis beberapa karya ilmiah saat masih aktif di Unnes, diantaranya: Detektor Anti Tabrakan, Palang Pintu Otomatis, dan Pengatur Jalur Otomatis pada Kereta Api (LKTM bidang IPA FMIPA Unnes tahun 2006); Pembuatan Kamus Konsep Fisika Berbasis J2ME Sebagai Media Belajar Mandiri pada Media Telepon Selular (PKMT Dikti 2009); Pembuatan Modul dan Software Pembelajaran Fisika Mandiri pada Media Telepon Selular untuk Menarik Minat Belajar Fisika (PKMM Dikti 2009); Aplikasi M-Learning berbasis J2ME pada Pokok Bahasan Gaya untuk Siswa Kelas VIII SMP.

Juara 2 Lomba Karya Ilmiah Guru yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Unnes dan Klub Guru Indonesia pada tahun 2011. Menyelesaikan program S2 Magister Pendidikan (M. Pd.) bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2015. Penerima Program Beasiswa S2 dari Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013.

Tahun 2016 menjadi salah satu dari dua peserta dari Kabupaten Cirebon untuk mengikuti seleksi Program 300 Doktor dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Juara 1 Lomba Guru Prestasi SMK Tingkat Kabupaten Cirebon pada tahun 2018. Dan saat ini tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2010.

Gelombang longitudinal tidak pernah salah memilih media untuk merambat sehingga gemuruh matahari yang meledak-ledak, tidak terdengar oleh kita yang berada di bumi.

”… dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan
ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya” (QS.Al-Furqān : 2)

Kontak dan informasi lebih lanjut dapat melalui:
Situs Blog: https://jayanto.my.id
Email: fisikawanunnes[at]gmail.com
YM: fisikawanunnes