- Penulis: Jayanto, M. Pd.
- Instansi: SMKN 1 Gebang
- Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 11
Jurnal refleksi yang ditulis secara rutin merupakan media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah dilakukan. Semoga refleksi yang sudah ditulis mampu menjadi acuan pengembangan diri terkait nilai dan peran Guru Penggerak.
Model Refleksi: Segitiga Refleksi
Setelah pembelajaran ini, saya akhirnya memahami bahwa …
- Visi adalah gambaran impian dan tujuan yang akan dicapai di masa depan
- Visi murid impian di masa depan adalah menjadi individu yang berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila
- Paradigma Inquiri Apresiatif (IA) adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan
- Pemeataan aset berupa kekuatan atau hal positif yang telah dimiliki berperan penting dalam proses manajemen perubahan
- Paradigma IA dapat diterapkan melalui tahapan B-A-G-J-A (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi)
Setelah pembelajaran ini, akhirnya saya mampu…
- Menyusun visi murid impian yang saya harapkan di masa depan yang berlandaskan potensi, aset, dan pertimbangan Profil Pelajar Pancasila
- Mengidentifikasi potensi pada diri dan hal-hal positif yang ada di lingkungan belajar untuk kemudian diterapkan dalam manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif (IA)
- Menerapkan tahapan B-A-G-J-A dalam merancang parakarsa perubahan dalam upaya mewujudkan visi sebagai Guru Penggerak
Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran ini adalah…
- Sangat bersyukur karena difasilitasi dengan sangat baik melalui kegiatan kolaborasi bersama Fasilitator, Pengajar Praktik, dan rekan sesama CGP
- Sangat bangga karena tealah berhasil mempelajari modul 1.3 ini dengan cukup baik, berhasil menyusun visi murid impian, dan mampu menerapkan paradigma IA melalui tahapan BAGJA untuk merancang prakarsa perubahan
- Sangat bahagia dan senang karena mimpi saya tentang murid dan sekolah impian di masa depan terasa menjadi semakin dekat
Setelah melakukan pembelajaran ini, target saya berikutnya adalah…
- Memulai penerapan perubahan positif bagi diri saya pribadi, kemudian dilanjutkan pada aspek yang lebih luas seperti pada murid, rekan sejawat, kepala sekolah, maupun lingkungan belajar yang lebih luas lagi
- Mendorong perubahan positif di sekolah yang berlandaskan pada aset, hal-hal positif, dan potensi-potensi yang telah dimiliki
- Berkolaborasi dengan semua unsur di lingkungan pendidikan sekolah untuk bersama-sama melakukan perubahan positif untuk mewujudkan visi sekolah impian di masa depan yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila dan semangat Merdeka Belajar.