Wisuda Online: Cegah COVID-19 di SMKN 1 Adiwerna

Setiap akhir masa studi sekolah biasanya melaksanakan kegiatan wisuda atau pelepasan bagi peserta didiknya. Pelepasan peserta didik bagi kelas XII yang telah menyelesaikan masa studi biasanya dilaksanakan secara tatap muka langsung.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya kegiatan pelepasan peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Adiwerna ini bukan dilaksanakan dengan tatap muka langsung tetapi dengan metode digital/online.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 April 2020. Sebanyak 845 peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 telas dilepas diserahkan kembali dari komite sekolah kepada orang tua. Tema dalam pelepasan tersebut adalah “Tetap Semangat Belajar Untuk Berkarya Inovatif dan Kompetitif”.

Kegiatan pelepasan ini dilakukan dengan metode digital, dimaksudkan untuk mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID 19. Melalui metode digital ini, peserta didik dapat melaksanakan kegiatan pelepasan dari rumah masing-masing secara siaran langsung melalui website SMK Negeri 1 Adiwerna dan youtube ADBtv. Sehingga mereka tetap tinggal di rumah (stay at home) mulai dari awal pelaksanaan, sambutan sambutan, pengalungan samir, hiburan dan penutup. Pada acara ini ada momen yang mengharukan dimana pengalungan samir yang biasanya di lakukan oleh pihak sekolah, tetapi dengan motede wisuda online maka pengalungan samir dilakukan langsung oleh orang tua masing-masing dari rumah.

Sambutan

Selama kegiatan berlangsung protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tetap diperhatikan dari mulai memasuki ruangan sampai perlengkapan yang harus di pakai seperti sarung tangan dan wajib menggunakan masker. Ditempat acara juga difasilitasi alat screaning untuk mengukur suhu badan bagi tamu dan para waka dan wali kelas yang masuk di ruangan. Selain itu juga disiapkan handsanitizer untuk membersikan tangan.

Menurut Kepala SMK Negeri 1 Adiwerna, Imron Efendi, M.Pd, sebelum pelaksanaan acara pelepasan dilakukan, beberapa kegiatan telah dilaksanakan pada hari hari sebelumnya. Peserta didik SMK Negeri 1 Adiwerna mengadakan kegiatan berbagi dengan sesama berupa pembagian nasi box ke beberapa panti asuhan dan masyarakat di wilayah kota dan kabupaten Tegal.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan peserta didik mulai dari pembagian nasi box sampai pelaksanaan pelepasan peserta didik kelas XII ini terlaksana dengan lancar, semoga kegiatan ini dapat menginsprirasi sekolah yang lain untuk memberikan sesuatu yang terbaik untuk anak didiknya”,Terang Imron Efendi

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII, Sadimin, menyampaikan sambutanya bahwa dengan telah selesainya pendidikan di SMKN 1 Adiwerna bukan berarti telah selasai perjuangan peserta didik. Menurut Dia, mereka masih mempunyai suatu tanggung jawab baru yaitu memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan bangsa Indonesia melalui pendidikan lebih tinggi maupun bekerja sesuai dengan bidang keahlianya masing masing.

“Saya berharap peserta didik dapat terus berkarya dan berpikiran maju, serta senantiasa memiliki semangat untuk memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat. Saat ini, kita semua tengah menghadapi wabah Covid-19, sebuah wabah penyakit yang bersifat mendunia. Kita semua dituntut untuk merespons situasi tersebut dan beradaptasi dengan cepat, untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut”, Terang Sadimin

SMK Negeri 1 Adiwerna adalah salah satu sekolah kebanggaan masyarakat Tegal dengan segudang prestasi diantaranya sebagai sekolah berprestasi dan sekolah unggul, SMK Revitalisasi dari Kemendikbud Direktorat PSMK Tahun 2019, sebagai sekolah Asean Eco School, sebagai Sekolah Ramah Anak, Sekolah Model, dan Sekolah Mbangun Desa.

Link rekaman Live Streaming: https://www.youtube.com/watch?v=tjra_4yecy4

Sumber

Add Comment